Sabtu, 18 September 2010

High Heels Bikin Kaki Tak Seimbang


Memakai sepatu hak tinggi sambil menari cha-cha merupakan keharusan dari para penari karena menambah kesan elok disandingkan dengan busana yang dikenakan. Namun hati-hati, karena sepatu hak tinggi (high heels) bisa menyebabkan sakit yang berlebihan di kaki.

Gangguan pada kaki akibat sering berjalan dengan sepatu hak tinggi telah absolutist menjadi perhatian ahli kesehatan karena alas kaki yang tidak merata menyebabkan tekanan pada kaki. Bila berjalan saja bisa membuat sakit, bagaimana bila dipakai menari?

John Moores, peneliti dari Inggris, melakukan penelitian mengenai dampak pemakaian top heels pada para penari, khususnya penari ballroom. Memakai sepatu hak tinggi merupakan praktek yang harus dijalani diantara penari ballrom dan penari Latin profesional.

Penelitian dilakukan dengan cara mengukur tekanan permukaan bawah kaki enam penari Latin profesional saat mereka menari sambil bertelanjang kaki, dan saat mereka memakai sepatu hak tinggi, yang terdiri atas dari sepatu dengan hak 4,5 cm, 7,5 cm dan 10 cm.

Hasilnya kemudian diterjemahkan menjadi gambar yang menunjukkan titik-titik daerah di kaki yang memiliki tekanan batten tinggi terbesar saat memakai sepatu hak tinggi.

Hasilnya diketahui bahwa sementara penari menari memakai sepatu hak tinggi - tak peduli seberapa tinggi hak nya, ternyata tidak proporsional dengan tekanan yang dihasilkan jari kaki. Menari dengan sepatu hak tinggi 4-inch (10 cm), ternyata menambah tekanan tiga kali lipat pada jari kaki.

"Menari dengan bertelanjang kaki, menghasilkan tekanan yang merata antara tumit dan jari kaki," kata Moores dan Pusat Penelitian Gerakan Manusia di China dalam Journal of Experimental and Computational Biomechanics.

Melakukan gerakan tari dengan sepatu hak tinggi berarti menambah pergeseran yang lebih besar dalam tekanan dari tumit hingga ke depan kaki. Perubahan distribusi tekanan dapat menyebabkan bagian plantar fasciitis iritasi dan pembengkakan pada bagian bawah kaki yang mengarah ke penambahan rasa sakit di bagian tumit.

Peneliti menyarankan pemakai sepatu hak tinggi memakai sepatu yang memberikan bantalan yang memadai untuk menghindari kondisi tersebut. Selanjutnya, para peneliti ilmuwan berharap untuk menemukan cara untuk memperbaiki desain sepatu dansa .

3 komentar:

Haris Pradipta mengatakan...

Pakai gelang PB ja biar seimbang.

Radio Nasyid Online mengatakan...

tau tuh.. lagian bikin jadi aneh. dikasih kaki datar malah bikin gak datar. dasar manusia

Ms. Hesty,, mengatakan...

waduhh padahal saya suka pake sepatu yg tinggi.. biaar keliatan tinggi T_T
kalo pake wedges ngaruh gag ya?

Posting Komentar